Pemkab Sukoharjo Perpanjang PPKM Mikro

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo perpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro berlaku mulai 23 Februari-8 Maret 2021. Perpanjangan dilakukan mengingat masih tingginya kasus positif virus Corona di Sukoharjo.

Plh Bupati Sukoharjo sekaligus Pj Sekretaris Daerah Sukoharjo Budi Santoso, Rabu (24/02/2021) mengatakan, Pemkab Sukoharjo sudah mengeluarkan surat edaran (SE) tertanggal 22 Februari 2021 dengan nomor 400/549/2021 tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Virus Corona ditingkat Desa dan Kelurahan Untuk Mengendalikan Penyebaran Virus Corona di Kabupaten Sukoharjo. Pemkab Sukoharjo mengeluarkan SE perpanjangan PPKM Mikro sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 04 Tahun 2021 Tanggal 19 Februari 2021 tentang Perpanjangan PPKM Mikro ditingkat desa dan kelurahan.

Mekanisme koordinasi, pengawasan dan evaluasi PPKM Mikro dilakukan dengan membentuk posko tingkat desa dan kelurahan dan Jogo Tonggo ditingkat RT/RW. Untuk supervis dan pelaporan posko tingkat desa dan kelurahan dibentuk posko tingkat kecamatan.

PPKM Berbasis Mikro dikeluarkan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona dengan melibatkan sampai lapisan paling bawah yakni RT dan RW. Dalam SE dijelaskan, ada 12 point yang dijabaran dalam masing masing penjelaskan.

Dalam SE PPKM Mikro sebagian besar masih sama dengan SE PPKM sebelumnya. Salah satunya berkaitan dengan pengaturan kerja di kantor dengan porsi pembagian 50 persen kerja dari rumah dan 50 persen di kantor. Selain itu pembelajaran siswa sekolah juga masih dilaksanakan secara online.

“Bagi penduduk yang dinyatakan sebagai kontak erat kasus terkonfirmasi positif virus Corona dan suspek yang belum dan telah melaksanakan rest PCR atau swab, selama menunggu hasil tes wajib melaksanakan isolasi mandiri dengan protokol kesehatan yang ketat dan tidak boleh melakukan perjalanan atau bepergian di dalam daerah maupun di luar daerah,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI