Pemkab Sukoharjo Perpanjang PPKM

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 26 Januari hingga 8 Februari. Penerapan tersebut sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat. Perpanjangan juga berlaku bagi aparatur sipil negara (ASN) menerapkan work from home (WFH).

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Senin (25/01/2021) mengatakan, PPKM sudah diterapkan pada 11 Januari lalu dan berakhir 25 Januari ini. Dasar penerapan perpanjangan PPKM sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 2 tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM sebagai pengendalian penyebaran virus corona.

Pada penerapan perpanjangan PPKM nanti ada sedikit kelonggaran diberikan pemerintah pada pelaku usaha. Apabila sebelumnya pelaku usaha wajib menutup usahanya maksimal pukul 19.00 WIB maka mendapat tambahan selama satu jam atau tutup pukul 20.00 WIB. Sedangkan bagi pelaku usaha kuliner tutup pukul 20.00 WIB untuk makan ditempat dan pukul 21.00 WIB tutup pesan antar.

Batas waktu pukul 21.00 WIB bagi pelaku usaha kuliner pelayanan pesan antar sama seperti aturan PPKM sebelumnya. Sedangkan batas waktu tutup makan ditempat ada kelonggaran. Sebab sebelumnya hanya tutup pukul 19.00 WIB sekarang menjadi pukul 20.00 WIB.

Para pelaku usaha diharapkan bisa mematuhi semua aturan berlaku selama penerapan PPKM. Salah satunya berkaitan dengan pembatasan jam operasional demi mencegah terjadinya kerumunan massa dan penyebaran virus corona. “Masyarakat diminta patuh selama penerapan perpanjangan PPKM ini, sudah jelas aturanya wajib protokol kesehatan,” lanjutnya.

Perpanjangan PPKM akan dilakukan Pemkab Sukoharjo dengan mengeluarkan surat edaran (SE) dan langsung disosialisasikan pada masyarakat. Hal itu penting sebagai bagian dari penyebarluasan informasi mengenai kebijakan perpanjangan PPKM sebagai bagian dari pencegahan penyebaran virus corona.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Budi Santoso mengatakan, SE perpanjangan PPKM sudah ada dan tinggal menunggu tandatangan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya. SE tersebut nantinya akan disosialisasikan ke masyarakat mengingat perpanjangan PPKM diberlakukan mulai 26 Januari hingga 8 Februari. (Mam)

BERITA REKOMENDASI