Pemkab Sukoharjo Segera Bangun GOR Tipe B

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Gedung Olah Raga (GOR) tipe B akan dibangun di wilayah Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo pada tahun 2021. Total anggaran telah disiapkan sebesar Rp 14 miliar melalui APBD. Pemkab Sukoharjo membangun sebagai fasilitas masyarakat khususnya pengembangan cabang olah raga.

Kabid Olahraga Dinas Olahraga (Dispora) Sukoharjo Abdillah, Sabtu (21/11/2020), mengatakan, Pemkab Sukoharjo sudah merencanakan pembangunan GOR sejak beberapa tahun terakhir. Pembangunan membutuhkan persiapan matang karena besarnya anggaran dan lahan yang akan digunakan.

Kebutuhan tersebut akhirnya bisa dipenuhi setelah disiapkan anggaran sebesar Rp 14 miliar. Sedangkan dari tanah sudah disiapkan lahan di wilayah Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo. Terpenuhinya kebutuhan kemudian ditindaklanjuti dengan persiapan lanjutan untuk merealisasikan pembangunan.

Tahapan yang dilakukan Pemkab Sukoharjo pada tahun ini berupa penyusunan detail engineering design (DED). Diharapkan DED tersebut bisa segera diselesaikan dan pembangunan terlaksana tahun 2021 mendatang.

“Pemkab Sukoharjo berencana membangun GOR di Gayam, Sukoharjo pada tahun 2021. Tahapan persiapan sudah dilakukan sekarang dan anggaran juga tersedia tahun depan,” ujarnya.

GOR yang akan dibangun oleh Pemkab Sukoharjo nanti memiliki tipe B menggunakan lahan seluas 4.028 meter persegi. GOR akan dipakai oleh enam cabang olah raga yakni futsal, voli, bulu tangkis, tenis lapangan, basket dan sepak takraw.

Pemkab Sukoharjo setelah selesai membangun GOR nanti juga mempersilahkan cabang olah raga lain menggunakan apabila dibutuhkan. Selain itu masyarakat juga dipersilahkan memakai fasilitas umum tersebut.

“Kabupaten Sukoharjo memiliki cabang olah raga unggulan dan atlet berprestasi. Keberadaan GOR ini sebagai fasilitas sekaligus pembinaan dan pembibitan atlet Sukoharjo,” lanjutnya.

Abdillah mengatakan, selama ini kebutuhan GOR di Sukoharjo memang masih minim. Kondisi tersebut berdampak pada keberlangsungan cabang olah raga dan atlet. Akibatnya beberapa atlet berprestasi yang dimiliki Sukoharjo memilih pergi ke luar daerah untuk berlatih. (Mam)

BERITA REKOMENDASI