Pemkab Sukoharjo Siap Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo menjamin sepenuhnya kebutuhan air bersih bagi warga terdampak kekeringan disemua wilayah di 12 kecamatan mengingat sekarang sudah masuk musim kemarau. Pemantauan khusus dilakukan terhadap warga di Kecamatan Tawangsari, Weru dan Bulu mengingat mereka rutin terdampak kekeringan hingga kekurangan air bersih.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Senin (3/8) mengatakan, Pemkab Sukoharjo sekarang tidak hanya melakukan penanganan terhadap virus corona saja, melainkan juga kekurangan air bersih warga di wilayah terdampak kekeringan. Pengiriman bantuan air bersih rutin dilakukan Pemkab Sukoharjo saat musim kemarau. Air bersih dikirim untuk memenuhi kebutuhan memasak dan minum warga, selain itu juga pemenuhan minum ternak sapi dan kambing.

Bantuan air bersih juga dikirim kesejumkah tempat fasilitas umum masyarakat seperti mushola, masjid, sekolah, puskesmas dan lain. Pemkab Sukoharjo mengirimkan air bersih secara gratis.

“Pemkab Sukoharjo membantu penyediaan air bersih untuk warga masyarakat di 12 kecamatan terdampak kekeringan akibat musim kemarau. Khususnya di Kecamatan Tawangsari, Weru dan Bulu yang sering kekeringan dan rutin dikirim bantuan air bersih,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, kondisi kekeringan pada musim kemarau saat ini berbeda dibanding tahun sebelumnya karena ditengah pandemi virus corona. Pada kondisi ini proses pengiriman bantuan air bersih dilakukan sesuai protokol kesehatan dengan meminimalisir kerumunan massa. Disamping itu juga, ditengah pandemi virus corona kebutuhan air bersih warga sangat tinggi tidak hanya untuk memasak dan minum saja, tapi juga cuci tangan menggunakan sabun.

Gerakan massal sebagai aktivitas masyarakat ditengah pandemi virus corona berupa cuci tangan menggunakan sabun ditegaskan bupati wajib dilakukan. Sebab hal itu sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona. “Penanganan virus corona tetap jalan, termasuk penerapan protokol kesehatan cuci tangan menggunakan sabun,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI