Pemkab Sukoharjo Siapkan Dana Tak Terduga Rp 4 M

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Disiapkan dana tidak terduga antara Rp 3 miliar hingga Rp 4 miliar salah satunya apabila diperlukan untuk penanganan bencana alam. Dana tersebut hingga sekarang masih utuh. Serentetan bencana alam yang terjadi di Sukoharjo seperti banjir dan angin kencang beberapa hari lalu masih bisa ditangani menggunakan dana dari BPBD Sukoharjo dan bantuan BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Minggu (04/12/2016) mengatakan, dana tidak terduga bisa digunakan kapan dan apa saja untuk kepentingan masyarakat. Pemkab Sukoharjo mengalokasikan dana cukup besar salah satunya sebagai bagian dari persiapan apabila ada bencana alam.

"Penanganan bencana alam seperti banjir kemarin dan angin kencang masih bisa dipenuhi dari dana BPBD Sukoharjo. Ada juga bantuan dari BPBD Provinsi Jawa Tengah,” ujar Agus Santosa.

Kebutuhan yang harus segera diberikan kepada korban bencana alam seperti logistik pangan dan obat bisa diberikan. Penangananya sendiri tidak mutlak ditangani sendiri oleh BPBD Sukoharjo, melainkan juga melibatkan lintas satuan kerja perangkat daerah (SKPD). 

"Terkait rumah roboh milik warga saat bencana alam maka akan dilakukan sesuai tahapan seperti pendataan, verifikasi dan pengajuan untuk diusulkan. Nanti apakah dapat bantuan atau tidak ditunggu hasil akhirnya setelah semua tahapan selesai,” lanjutnya.(Mam)

BERITA REKOMENDASI