Pemkab Sukoharjo Terapkan Sistem Online Ditengah Pandemi Corona

“Pelayanan masyarakat tetap berjalan normal dan program pemerintahan juga dikerjakan masing-masing OPD. Misal untuk pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) sekarang mengedepankan online. Sedangkan di OPD sudah dilakukan pengaturan kerja pegawai. Jadi ditengah kasus virus Corona naik kondisi pelayanan dan kerja pegawai masih normal,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo ditegaskan Widodo, sudah ada instruksi dari Bupati Sukoharjo Etik Suryani khususnya kepada OPD yang bersinggungan langsung dengan pelayanan masyarakat untuk mempercepat. OPD tersebut seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

“Di Dispendukcapil Sukoharjo sekarang sudah membuka pelayanan online. Masyarakat bisa mendaftar pada nomor layanan yang disediakan untuk meminta pelayanan adminduk. Itu lebih mempercepat daripada antre di kantor dan apalagi sekarang masih pandemi virus corona,” lanjutnya.

Widodo menambahkan, pada kondisi sekarang disaat ada penerimaan peserta Didik baru (PPDB), Pemkab Sukoharjo juga meminta pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk membantu pelayanan pada masyarakat dengan membuka layanan online. Sebab para orang tua sekarang sedang direpotkan dengan pendaftaran anaknya untuk mendapat sekolah.

“Di kantor OPD sudah menerapkan aturan pembagian kerja sesuai Surat Edaran (SE) perpanjangan PPKM Mikro terbaru. Para pegawai yang mendapat jadwal kerja dari rumah diminta menjaga diri dan mengurangi aktivitas di luar agar tidak tertular virus Corona,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI