Pemkab Sukoharjo Terjunkan Tim Sapu Lubang

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo turunkan tim sapu lubang untuk melakukan pemeliharaan jalan berupa penambalan. Jalan berlubang akan ditambal demi kenyamanan masyarakat. Total dana disediakan untuk program kegiatan tersebut sebesar Rp 5 miliar melalui APBD 2020 Sukoharjo. Pemeliharaan dilakukan setelah cukup banyak ditemukan jalan berlubang akibar rusak saat musim hujan seperti sekarang.

Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Agus Purwanto Jumat (10/01/2020) mengatakan, tim sapu lubang sudah diturunkan Pemkab Sukoharjo melalui DPUPR Sukoharjo sejak beberapa hari lalu. Tim tersebut diturunkan awal dengan maksud melakukan inventarisasi data kerusakan jalan disemua wilayah di Sukoharjo. Petugas sengaja mengecek dan melihat langsung kondisi jalan dan tingkat kerusakannya.

Semua jalan dipantau agar data yang didapat valid dan tidak mengalami kekeliruan. Tim sapu lubang tersebut menginventarisasi jalan baik dengan status milik Pemkab Sukoharjo, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah maupun pemerintah pusat.

Data kondisi jalan dan kerusakannya akan disampaikan ke masing masing instansi berwenang. Seperti jalan milik daerah maka kewenangan penanganan pemeliharaan berupa perbaikan atau penambalan dilakukan oleh Pemkab Sukoharjo. Hal sama juga berlaku untuk jalan milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah pusat.

Pemkab Sukoharjo sudah menyediakan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk pemeliharaan jalan disemua wilayah. Jalan rusak akan ditambal oleh tim sapu lubang bentukan DPUPR Sukoharjo. Penambalan dilakukan sebagai solusi tepat agar kenyamanan masyarakat saat berkendara di jalan tetap terjaga.

Sistem penambalan jalan meski sifatnya sementara namun tetap dilakukan tim sapu lubang DPUPR Sukoharjo. Nantinya perbaikan kerusakan jalan secara permanen akan dilakukan menunggu kesiapan baik dari sisi anggaran maupun perkembangan cuaca menunggu hujan reda atau musim kemarau.

"Jalan berlubang atau rusak dampak dari hujan sudah diperbaiki. Tim sapu lubang DPUPR Sukoharjo sudah diturunkan dengan melakukan penambalan disemua wilayah," ujarnya.

Proses penambalan jalan berlubang sekarang sedang dikerjakan DPUPR Sukoharjo. Luasnya wilayah dan panjangnya jalan serta ditambah kondisi cuaca sering turun hujan membuat petugas melakukan pemeliharaan secara bertahap.

"Jalan berlubang apabila tidak ditutup atau ditambal maka akan sangat membahayakan. Terlebih lagi saat kondisi hujan seperti sekarang," lanjutnya.

DPUPR Sukoharjo juga membuka pelayanan pengaduan masyarakat terkait kondisi infrastruktur khususnya jalan. Apabila menemukan kerusakan jalan maka bisa dilaporkan ke petugas dan segera ditangani. (Mam)

BERITA REKOMENDASI