Pemkab Sukoharjo Terus Tekan Angka Kemiskinan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Angka kemiskinan terus ditekan Pemkab Sukoharjo dan diharapkan menurun kembali pada tahun 2019 mendatang. Posisi sekarang angka kemiskinan tinggal 29.141 jiwa pada tahun 2018 atau tinggal 8,75 persen. Angka tersebut lebih sedikit dibanding tahun 2017 sebanyak 30.228 jiwa.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo Sarmadi, Minggu (16/12) mengatakan, angka kemiskinan di Kabupaten Sukoharjo pada posisi nomor dua terendah di Provinsi Jawa Tengah setelah Kabupaten Kudus di angka 8,75 persen. Angka tersebut terus diusahakan turun pada tahun berikutnya. Berbagai upaya sudah dilakukan Pemkab Sukoharjo agar kemiskinan semakin menurun.

"Pada posisi sekarang angka kemiskinan di Sukoharjo sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 8,75 persen atau 29.141 jiwa," ujarnya.

Sesuai angka kemiskinan dari BPS sekarang diketahui ada penurunan dibandingkan tahun lalu. Sebab pada tahun 2018 angka kemiskinan 29.141 jiwa sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 30.228 jiwa. Penurunan angka tersebut tidak lepas dari berbagai upaya yang sudah dilakukan oleh Pemkab Sukoharjo.

Upaya yang dilakukan Pemkab Sukoharjo seperti dengan memberikan berbagai bantuan seperti program pendidikan gratis, kesehatan gratis, membuka lapangan kerja, memberikan pelatihan kerja, modal kerja dan lainnya. Program tersebut masih terus dijalankan sekarang dan akan berlanjut pada tahun berikutnya.

Program untuk menurunkan angka kemiskinan dalam pelaksanaanya langsung dikerjakan Pemkab Sukoharjo dengan melibatkan masyarakat. Mereka menjadi sasaran utama mengingat masyarakat inilah yang akan menjalankan dan menerima program bantuan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI