Pemkab Sukoharjo Tuntaskan Masalah Banjir

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Program penuntasan masalah banjir kembali dilakukan dengan perbaikan saluran drainase disejumlah wilayah oleh Pemkab Sukoharjo. Diharapkan pada musim hujan mendatang banjir tidak lagi terjadi khususnya ditengah kota karena sudah dilakukan pembangunan. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Kamis (22/8) mengatakan, Pemkab Sukoharjo memiliki grand desain terkait penataan kawasan wilayah salah satu didalamnya mengatur tentang saluran drainase sebagai penuntasan masalah banjir. Program dijalankan secara bertahap di masing masing wilayah dengan prioritas utama ditengah kota. Sasaran tersebut dipilih karena sebelumnya sering muncul keluhan genangan air hingga banjir saat musim hujan datang.

Perbaikan saluran drainase yang sudah dikerjakan Pemkab Sukoharjo ditengah kota seperti di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Veteran, Jalan Dr Moewardi dan Jalan Slamet Riyadi. Khusus untuk Jalan Slamet Riyadi akan dilakukan dua tahap pengerjaan. Tahap pertama telah selesai tahun lalu dan kedua masih dalam proses lelang.

"Saluran drainase yang sedang dikebut pengerjaanya dan jadi fokus Pemkab Sukoharjo dalam program penuntasan masalah banjir seperti di Jalan Sukoharjo-Wonogiri masuk wilayah Kelurahan Bulakrejo, Kecamatan Sukoharjo Kota. Pengerjaan tahap pertama sudah dilakukan mulai Patung Jamu Bulakrejo hingga SPBU Bulakrejo. Sedangkan tahap kedua sedang dikerjakan sekarang mulai SPBU Bulakrejo hingga jembatan dekat Gudang Bulog Telukan," ujarnya.

Saluran di Bulakrejo, Sukoharjo Kota tersebut sengaja diperbaikan karena menjadi titik penting atau pembuang air saat musim hujan. Sebab saat hujan turun dipastikan terjadi sumbatan yang menyebabkan air tidak mengalir lancar. Akibatnya terjadi banjir ditengah kota Sukoharjo.

"Air dari wilayah kota mengalir ke saluran Bulakrejo itu. Artinya kalau yang diperbaiki hulu saja dan melupakan hilirnya maka kemungkinan banjir ditengah kota masih terjadi. Jadi harus diperbaiki semua sampai tuntas," lanjutnya. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI