Pemohon KTP Membludak, Jam Pelayanan Diperpanjang

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Warga Boyolali yang merantau memanfaatkan momentum mudik untuk membuat KTP, sehingga  pemohon KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Boyolali membludak.  Untuk memaksimalkan pelayanan, jam pelayanan kantor Dispendukcapil pun diperpanjang dibanding hari biasa.

Kepala Dispendukcapil Boyolali, Agus Santosa, Senin (03/07/2017) menjelaskan, bila pada hari biasa pemohon KTP sekitar 100 hingga 125 orang, pada hari pertama pelayanan usai libur lebaran kali ini, pemohon KTP membludak. Sampai tengah hari, jumlah warga yang mengambil nomor antrian mencapai 219 pemohon dan terus bertambah.

“Biasanya setelah lebaran memang pemohon KTP meningkat, karena warga yang pulang merantau banyak yang melakukan pengurusan,” terangnya.

Agus memprediksi, lonjakan pemohon KTP yang didominasi warga Boyolali yang merantau tersebut akan terus terjadi hingga satu pekan mendatang. Sedang pada pekan ke dua setelah lebaran, pemohon KTP di kantor Dispendukcapil akan kembali normal.

Sebagai antisipasi membludaknya pemohon KTP pasca lebaran, pihaknya pun memperpanjang jam pelayanan KTP di Kantor Dispendukcapil Boyolali. Bila pada jadwal normal pelayanan KTP dibatasi dan ditutup pada jam empat sore, maka selama ada lonjakan pemohon, pelayanan pembuatan KTP diperpanjang.

“Pelayanan diperpanjang hingga jam lima sore atau lebih hingga seluruh pemohon bisa dilayani. Perpanjangan dilakukan agar pelayanan KTP bisa maksimal dan pemohon terlayani dengan baik,” kata Agus.

Muhammad Fauzi (31), warga Desa Mojo, Kecamatan Andong mengatakan, karena selama bertahun-tahun merantau, baru tahun ini ia bisa mudik sehingga kesempatan tersebut juga ia gunakan untuk mengurus kartu administrasi kependudukan. (R-11)

BERITA REKOMENDASI