Pemprov Jateng Genjot Peran Pokdarwis

KLATEN (KRjogja.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mendorong kabupaten/kota untuk berperan aktif dalam pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Sebab, peran serta Pokdarwis sangatlah penting bagi tumbuh dan berkembangnya industri kepariwisataan.

Demikian diungkapkan Kasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemprov Jawa Tengah, Siti Moelyatmi Bernadeta. Menurutnya, Pokdarwis merupakan kelembagaan ditingkat masyarakat yang beranggotakan para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab mengembangkan potensi wisata yang ada.

“Keberadaan Pokdarwis ada yang di tingkat desa, kemudian di obyek-obyek wisata juga ada. Tugas Pokdarwis ini salah satunya membantu pengelolaan tempat wisata demi terwujudnya Sapta Pesona,” ujarnya.

Siti mengungkapkan, di Jawa Tengah saat ini sudah ada sebanyak 550 Pokdarwis yang tersebar di 35 kabupaten/kota. Pemprov Jawa Tengah sendiri menargetkan sampai tahun 2017 harus sudah terbentuk 750 Pokdarwis. (M-7)

 

BERITA REKOMENDASI