Pemuda Tri Tunggal Swadaya Dirikan Kampung Siaga Covid-19

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Pemuda Dukuh Tombol Tri Tunggal RT 01, 02, 03 / RW 03, Desa Kiringan, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten secara swadaya mendirikan Kampung Siaga Covid-19. Langkah ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Ketua Pemuda Dukuh Tombol Tri Tunggal, Muklis Harsono, mengatakan, pendirian Kampung Siaga Covid-19 bermula dari gagasan pemuda yang ingin mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, khususnya di Dukuh Tombol. Langkah ini mendapat respon positif dan dukungan dari RT/RW.

“Dari awal pemuda telah melakukan beberapa kegiatan, seperti penyuluhan tentang Covid-19 dari rumah ke rumah. Selanjutnya penyemprotan disinfektan setiap dua pekan sekali. Dari kegiatan ini muncul kesadaran dari warga mengenai pentingnya menaati protokol kesehatan,” ujar Muklis disela acara peresmian Kampung Siaga Covid-19, Senin (15/06/2020).

Kampung Siaga Covid-19 Dukuh Tombol Tri Tunggal, Desa Kiringan diresmikan oleh Camat Tulung, Suyamto, bersama jajaran Muspika dan Pemerintah Desa Kiringan. Kampung ini memiliki fasilitas tempat cuci tangan di setiap rumah serta rumah isolasi bagi warga yang pulang dari rantau.

Kepala Desa Kiringan, Narwan Surana, mengatakan, pendirian Kampung Siaga Covid-19 merupakan swadaya warga Dukuh Tombol Tri Tunggal. Pemerintah Desa Kiringan tidak mengeluarkan anggaran sedikitpun. “Saya berharap dengan adanya Kampung Siaga Covid-19 bisa menanggulangi virus Corona,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI