Pemudik di Klaten Disiapkan Kamar Sauna Cegah Corona

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa Menden, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyiapkan kamar sauna untuk warga pendatang atau perantau yang pulang mudik. Terapi sauna menggunakan bahan herbal ini diyakini membantu menanggulangi virus Corona (Covid-19).

Kepala Desa Menden, Sriyanto Ali mengatakan kamar sauna berada di kantor desa dengan memanfaatkan ruang kosong dan peralatan sederhana, yakni tungku kompor gas, ceret dan pipa paralon. Sedangkan terapi sauna menggunakan bahan herbal seperti jahe, jeruk, polo, pandan wangi, sereh, dan lainnya, total ada 10 bahan pokok rempah-rempah.

“Semua bahan herbal dicampur air kemudian dimasak. Uap air akan mengalir ke ruangan sauna. Ini untuk meringankan beban pikiran masyarakat biar tidak panik. Terapi sauna bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu menanggulangi Covid-19,” ujar Suryanto Ali, Rabu (22/04/2020).

Dijelaskan, kamar sauna diperuntukkan bagi warga pemudik atau warga yang setiap hari bekerja di luar Klaten. Mereka wajib terapi sauna sebelum pulang ke rumah. Selain itu ditempat terpisah segala barang atau kendaraan disterilisasi menggunakan disinfektan.

“Setidaknya sudah ada sekitar lebih dari 30 orang warga memanfaatkan terapi sauna ini. Dari jumlah itu 28 orang diantaranya merupakan pemudik, sisanya warga yang bekerja di luar Klaten. Mereka kalau pulang juga harus terapi sauna dulu,” ujarnya.

Camat Kebonarum, Mudzakir, mengapresiasi upaya dan inovasi yang dilakukan Pemerintah Desa Menden dalam penanggulangan Covid-19. Pihaknya berharap kamar sauna sehat juga dibuat di desa-desa lain di Kecamatan Kebonarum. (Lia)

BERITA REKOMENDASI