Pemutaran Film G30S/PKI di Sukoharjo Mendapat Perhatian

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 10 dari total 41 titik tempat penyelenggaraan nonton bareng film G30S/PKI sudah disiapkan Kodim 0726 Sukoharjo. Pelaksanaan kegiatan mulai dilaksanakan 20 – 30 September. Tempat yang dipilih seperti di balaidesa sampai lapangan terbuka.

Plh Komandan Kodim 0726 Sukoharjo Mayor Inf Nurul Muthahar, Jumat (22/9/2017) mengatakan, sejak dua hari ini sudah ada 10 titik tempat untuk nonton bareng film G30S/PKI. Tempat tersebut seperti berada di wilayah Kecamatan Gatak, Sukoharjo Kota, Bendosari, Polokarto, Baki, Tawangsari dan Weru.

Pemutaran film G30S/PKI sudah dilaksanakan sejak dua hari terakhir mulai 20 September. “Sementara baru 10 titik target kita dari awal kita sampaikan ke pimpinan ada 41 titik,” ujarnya.

Tempat pelaksanaan nonton bareng G30S/PKI berada di kantor koramil di jajaran Kodim 0726 Sukoharjo. Selain itu juga di balaidesa dan lapangan sepakbola.

“Untuk penonton itu umum dengan mengundang ketua RT/RW, kepala desa, tokoh masyarakat dan masyarakat umum,” lanjutnya.

Film yang diputar dijelaskan Mayor Inf Nurul Muthahar memiliki durasi 1 jam 3 menit. Film tersebut sudah disensor dengan menghilangkan adegang kurang layak.

“Fasilitas berupa film dari kita. Film yang baru artinya sudah ada sensor dan tidak ada adegan kurang layak seperti kekerasan sebab film akan ditonton masyarakat,” lanjutnya.

Pemutaran film G30S/PKI dilaksanakan pada siang dan malam hari menyesuaikan waktu dipanitia setempat. Untuk siang hari melibatkan siswa sekolah, sedangkan malam lebih banyak dari masyarakat.

“Film ini diputar untuk mengingatkan kembali sejarah kita. Menghindari pemutarbalikan fakta. Anak cucu kita biar tahu sejarah,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI