Penambangan Galian C Ini Tak Sesuai Ijin

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo temukan praktek pelanggaran penambangan di Desa Karangmojo, Kecamatan Weru. Penambang yang seharusnya hanya mendapatkan izin menambang batu kapur namun meluas melakukan penambangan galian C tanah urug.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Minggu (25/9/2016) mengatakan, pihaknya sudah memberikan surat peringatan kepada para pemilik tambang. Mereka wajib melakukan penambangan sesuai dengan izin yang dimiliki. Apabila tidak maka akan dilakukan penindakan tegas berupa penyegelan.

Para pemilik tambang selain mendapat surat peringatan juga sudah diberikan sosialisasi oleh petugas terkait. Meski sudah memiliki izin namun para penambang juga tetap harus menaati ketentuan dalam menambang. Salah satunya dengan tetap menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan.

“Praktek pelanggaran penambangan masih banyak ditemukan. Salah satunya seperti di Karangmojo, Weru dan satu lagi di Sanggang, Bulu,” ujar Heru Indarjo.

Untuk para penambang di Karangmojo, Weru mereka diberi kesempatan kembali menambang batu kapur. Apabila ingin menambang galian C berupa tanah urug maka harus mengajukan izin baru ke petugas terkait.

Heru mengatakan, para penambang sebenarnya tahu sudah melakukan praktek pelanggaran. Namun mereka tetap diam saja menambang galian C yang tidak sesuai kepetuntukan izinnya. Karena itu perlu dilakukan pengawasan bersama dengan melibatkan masyarakat. Mereka bisa memberikan informasi ke petugas apabila menemukan praktek pelanggaran. Nantinya dari petugas akan melakukan pengecekan termasuk penindakan.

Sementara itu Satpol PP Sukoharjo hingga sekarang masih melakukan penutupan terhadap tiga lokasi penambangan galian C di Sanggang, Bulu. Petugas juga melakukan pendekatan kepada warga pemilik tanah sebagai bagian dari sosialisasi aturan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI