Pencetakan KIA Dilakukan di Sekolah

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sekolah diharapkan melakukan pendataan terhadap siswanya yang akan membuat Kartu Identitas Anak (KIA). Data kemudian diajukan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) untuk dilakukan pencetakan. Pencetakan akan dilakukan dengan prioritas siswa sekolah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo Sriwati Anita, Minggu (7/4) mengatakan, pada tahun 2019 ini Dispendukcapil Sukoharjo menyiapkan sebanyak 5 ribu blangko cetak KIA. Sejak berjalan Januari hingga April ini stok yang disediakan belum semuanya habis digunakan. Sebab masih ada sisa blangko yang siap digunakan untuk pelayanan pada masyarakat.

Pada pertengahan hingga akhir tahun 2018 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo juga telah menyiapkan sebanyak 8 ribu blangko cetak KIA untuk masyarakat. Secara bertahap Pemkab Sukoharjo akan terus melakukan pencetakan KIA terhadap semua anak dengan usia 0 – 17 tahun.

"Pencetakan KIA di Sukoharjo sudah dimulai sekitar tahun 2016 lalu hingga sekarang 2019. Memang belum semua anak memiliki KIA karena keterbatasan blangko cetak dan sistem. Proses masih terus berlanjut dan kami melibatkan sekolah untuk pendataan kolektif. Data kami tunggu dan segera dilakukan pencetakan," ujarnya.

Usaha percepatan pendataan dan pencetakan sebagai bagian kepemilikan KIA pada anak terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo. Kartu tersebut sangat penting sebagai bagian dari kepemilikan identitas pada anak. Namun sebelum dicetak para orang tua harus melakukan pengajuan permohonan terlebih dahulu ke petugas. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI