Pendataan Libatkan Desa, Sukoharjo Lakukan Data Ulang Rumah Tak Layak Huni

Suraji menjelaskan, dalam BDT RTLH 2015 kondisinya sekarang sudah banyak terjadi perubahan data, banyak masyarakat belum masuk dalam data, kriteria kurang detail dan belum muncul adanya data backlog dan Rumah Layak Huni (RLH). Sedangkan pendataan ulang tahun 2021 dilakukan validasi data terbarukan, validasi data cukup handal, kriteria mengikuti ketentuan dari Kementerian PUPR, selain itu juga nanti dihasilkan data RTLH, RLH dan backlog perumahan.

Proses verifikasi dan validasi ulang BDT RTLH tahun 2021 dilakukan DPKP Sukoharjo dengan melibatkan pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan. Selanjutnya akan dikomunikasikan dengan pengurus RT/RW untuk memastikan kondisi warga saat didata.

Petugas akan mengumpulkan data yang dibutuhkan kemudian melakukan pengecekan lapangan dengan melihat rumah warga. Selain itu juga meminta keterangan RT/RW dan tetangga sekitar sebelum memastikan warga tersebut layak dan dimasukan dalam data BDT RTLH tahun 2021.

“Data harus detail dan jelas siapa nama warga, alamat, kondisi rumah, NIK KTP-elektronik, KK dan lainnya. Semua harus dipastikan sebelum dimasukan dalam BDT RTLH tahun 2021,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI