Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Harus Berinovasi

KLATEN, KRJOGJA.com – Sebanyak lebih dari 300-an akademisi yang tergabung dalam Paguyuban Pimpinan Bidang Akademik Perguruan Tinggi Swasta (PPBA PTS) Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah mengikuti seminar bertajuk Strategi Peningkatan Klaster Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bertempat di Aula Kampus Universitas Widya Dharma (UNWIDHA) Klaten, Selasa (6/3/2018).

Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Rayon II Surakarta, Purwo Haryono, mengatakan, peserta seminar meliputi para wakil rektor satu, wakil ketua satu, wakil direktur satu, kepala lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kepala pusat penelitian perguruan tinggi. Total ada lebih dari 300-an peserta dari 257 perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah.

Kegiatan seminar menghadirkan narasumber dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Ocky Karna Radjasa. Selain itu juga dari Universitas Kristen Satya Wacana dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

"Melalui kegiatan seminar diharapkan informasi-informasi terkini terkait dengan kebijakan penelitian dan pengabdian masyarakat dari Kemenrisristek dapat tertularkan kepada para peneliti. Selain itu juga menyemengati kembali para dosen dalam melakukan penelitan dan publikaai ilmiah," ujar Purwo Haryono yang juga Wakil Rektor I UNWIDHA Klaten.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga berharap kedepan jumlah penelitian yang dihasilkan akan terus meningkat sehingga bermanfaat bagi bangsa dan negara. "Sesuai imbauan bapak presiden yang selalu mendengungkan tentang inovasi dan inovasi, maka untuk bidang penelitian dan pengabdian masyarakat akan mengarah ke sana (inovasi)," ujarnya.(Lia)

BERITA REKOMENDASI