Penempatan Pimpinan Dewan, Sekretariat DPRD Tunggu Rekomendasi Parpol

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sekretariat DPRD Sukoharjo menunggu penyerahan surat rekomendasi dari partai politik (parpol) peraih suara terbanyak untuk penempatan posisi calon pimpinan dewan. Empat parpol akan menempatkan anggotanya menempati posisi ketua dan tiga orang wakil ketua. Setelah surat rekomendasi diterima maka akan dimintakan persetujuan ke gubernur. 

Sekretaris DPRD Sukoharjo Basuki Budi Santosa, Minggu (15/9) mengatakan, ada empat parpol peraih suara terbanyak dalam Pemilu 2019 lalu. Posisi tertinggi ditempati PDIP dan akan menempatkan anggotanya sebagai Ketua DPRD Sukoharjo periode 2019-2024. Sedangkan tiga parpol lain masing masing Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai PKS akan menempati posisi wakil ketua dewan. 

Sekretariat DPRD Sukoharjo membutuhkan penyerahan surat rekomendasi dari parpol sebagai syarat penempatan menempati posisi jabatan pimpinan dewan. Keempat parpol masing masing PDIP, Gerindra, Golkar dan PKS wajib mengumpulkan secepatnya. 

“Parpol peraih suara terbanyak yang akan menempatkan anggotanya di kursi pimpinan dewan wajib mengumpulkan surat rekomendasi dari parpol. Kami masih menunggu kelengkapan itu,” ujarnya. 

Nantinya setelah surat rekomendasi dari parpol diterima maka akan ditindaklanjuti Sekretariat DPRD Sukoharjo untuk diteruskan ke gubernur. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan persetujuan menempati posisi jabatan pimpinan dewan.  “Persetujuan gubernur akan kami mintakan dan setelah semua selesai maka akan dilakukan rapat paripurna pengesahan pimpinan dewan definitif,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI