Penerimaan CASN Baru, Pemkab Sukoharjo Gelar Seleksi SKD 22-26 Februari

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) baru Pemkab Sukoharjo akan digelar pada 22-26 Februari mendatang. Total ada 9.361 peserta akan mengikuti tes yang terbagi dalam 22 sesi selama lima hari. Seleksi dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Gedung Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Kampung Dadapan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo sekaligus panitia seleksi CASN Pemkab Sukoharjo Ahmad Fajar Romdhoni, Rabu (15/1/2020) mengatakan, Pemkab Sukoharjo masih terus melakukan persiapan pelaksanaan penerimaan CASN baru. Tahapan yang akan segera dilaksanakan yakni seleksi SKD dengan sistem CAT. Pelaksanaan kegiatan tersebut nantinya akan menggunakan tempat di daerah lain. Sebab Pemkab Sukoharjo belum memiliki kelengkapan tempat dan peralatan yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan seleksi SKD dengan sistem CAT secara mandiri.

Tempat dipilih Pemkab Sukoharjo menggunakan Gedung LPPKS di Kampung Dadapan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Kepastian tempat diketahui setelah Pemkab Sukoharjo selesai melakukan koordinasi persiapan dengan melibatkan Pemkab Karanganyar dan daerah lain.

Koordinasi dengan daerah lain dilakukan mengingat ada beberapa kabupaten lainnya juga akan menggunakan tempat serupa di Gedung LPPKS di Kampung Dadapan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Pemkab Sukoharjo memastikan waktu pelaksanaan tidak berbenturan dengan kegiatan serupa seleksi penerimaan CASN dengan daerah lain.

“Pemkab Sukoharjo ikut menggunakan Gedung LPPKS di Kampung Dadapan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar bersama dengan daerah lain yakni Kabupaten Sragen, Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Wonogiri. Koordinasi antar daerah tersebut sudah final dan dipastikan jadwal kegiatannya masing masing,” ujarnya.

Penggunaan Gedung LPPKS nantinya baru bisa digunakan Pemkab Sukoharjo terakhir. Sedangkan empat daerah lainnya mendapat kesempatan terlebih dahulu secara berurutan. Meski begitu hal tersebut tidak menjadi kendala mengingat pelaksanaan seleksi SKD tetap bisa berjalan dalam 22 sesi tes.

BKPP Sukoharjo sudah menyusun jadwal pada 22 Februari seleksi SKD digelar untuk sesi 2 sampai sesi 5. Kedua sesi tersebut peserta dari Pemkab Sukoharjo akan digabung dengan Pemkab Wonogiri.

Seleksi kemudian dilanjutkan pada 23-25 Februari secara mandiri dalam lima sesi setiap hari. Khusus untuk 26 Februari hanya akan dilaksanakan tiga sesi saja.

“Setiap sesi akan diikuti sebanyak 450 peserta tes SKD dengan sistem CAT,” lanjutnya.

Peserta seleksi SKD nantinya setelah selesai mengikuti tes CAT bisa langsung mengetahui hasilnya. Apabila lolos maka bisa maju ke tahap seleksi berikutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Namun bila gagal maka secara otomatis akan langsung dianggap gugur.

“Setelah tes SKB selesai maka akan dipilih tiga peserta di masing masing formasi. Pemilihan peserta lolos seleksi CASN didasarkan pada total nilai dari hasil SKD dengan bobot 40 persen dan SKB dengan bobor 60 persen,” lanjutnya.

Pemkab Sukoharjo memperkirakan akan mengumumkan hasil seleksi penerimaan CASN pada April mendatang. Hal itu dilakukan setelah semua proses tes selesai dilaksanakan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI