Penerimaan CPNS, Boyolali Buka 481 Formasi

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Jatah kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Boyolali ditetapkan sebanyak 481 formasi untuk tiga bidang, yakni tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan, bidang teknik. 

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan pelatihan daerah (BPPKD) Boyolali, Agus Susanto menjelaskan, dari kuota yang ditetapkan, sebanyak 75 persen dialokasikan untuk tenaga pendidik, yakni 281 formasi untuk pendidik formasi umum dan dan 43 formasi untuk Guru Kategori Dua (K2). Sisanya yakni untuk tenaga kesehatan sebanyak 131 formasi dan terakhir sebanyak 13 formasi untuk tenaga teknik yang akan menangani pembangunan infrastruktur di Boyolali. 

"Jumlah kuota yang ditetapkan oleh lebih sedikit dari yang kita usulkan. Sebab kami mengajukan sebanyak 497 formasi. Jumlah usulan tersebut ditimbang dari kebutuhan ASN di Boyolali," katanya, Kamis (20/9).

Dari jumlah yang diusulkan dan realisasi yang ditetapkan sambungnya, sebanyak 15 formasi yang tak terakomodir seluruhnya untuk tenaga pendidik. Sebab untuk formasi tersebut, jumlah yang diusulkan yakni sebanyak 340 formasi. 

Untuk proses rekrutmen, katanya, akan dilakukan secara terbuka berbasis internet yang bisa diakses melalui dua website resmi pemerintah, yakni melalui Kementerian PAN RB dengan alamat menpan.go.id dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui alamat di sscn.bkn.go.id.  Selain proses pendaftaran, ujian pun akan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan hasil atau nilai ujian bisa diketahui secara terbuka dan transparan.

 Karena mengedepankan transparansi, Agus mengimbau pada masyarakat untuk tidak tergiur iming-iming pihak yang mengaku bisa menjamin kelulusan tes CPNS dengan imbalan. "Jangan percaya kalau ada pihak yang menawarkan jasa seperti itu," tandasnya. (Gal) 

BERITA REKOMENDASI