Pengamanan Natal dan Tahun Baru Libatkan 700 Personil Gabungan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 700 personil gabungan disiapkan dalam pengamanan Natal dan tahun baru. Kesiapan petugas terlihat saat digelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di halaman Pemkab Sukoharjo, Kamis (23/12/2021). Operasi nantinya akan menyasar masyarakat terus diingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) karena pandemi virus Corona belum berakhir.

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung Bupati Sukoharjo Etik Suryani, bersama Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengecekan sarana dan prasarana pendukung Operasi Lilin Candi 2021.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, Operasi Lilin Candi 2021 digelar dengan melibatkan sebanyak 700 personil gabungan seperti Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan Kabupaten dan lainnya. Personil yang terlibat dalam operasi bertugas disejumlah titik lokasi yang telah ditentukan. Selain itu ada juga petugas patroli keliling wilayah.

Operasi Lilin Candi 2021 digelar selama pengamanan Natal dan tahun baru di Sukoharjo. Polres Sukoharjo dalam kegiatan ini telah membangun sejumlah pos pengamanan (pospam). Personil gabungan nantinya juga akan menempati pospam tersebut selama bertugas. “Personil juga akan ditempatkan dititik keramaian selama Natal dan tahun baru seperti di gereja, tempat wisata, titik rawan macet kendaraan dan lainnya,” ujarnya.

Kapolres menegaskan, selama bertugas para personil gabungan nantinya akan menyasar penerapan Prokes seperti pemakaian masker. Petugas juga akan memperketat pengawasan berkaitan dengan sasaran apakah sudah menerima vaksin virus Corona atau belum, termasuk juga tes swab antigen atau PCR.

“Polres Sukoharjo sudah melakukan pengamanan di gereja untuk Natal nanti. Sedangkan tahun baru juga akan dilakukan sama menerjunkan petugas patroli wilayah,” lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, personil yang terlibat dalam Operasi Lilin Candi 2021 telah siap bertugas sepenuhnya. Selama Natal dan tahun baru masyarakat diminta tetap mematuhi Prokes secara ketat. Petugas juga akan terus mengingatkan masyarakat menerapkan prokes. Sebab kondisi sekarang masih pandemi virus Corona dan belum berakhir.

Bupati juga meminta pada masyarakat untuk tetap mematuhi Instruksi Bupati (Inbup) dan aturan lainnya ditengah pandemi virus Corona. Aturan tersebut menjadi dasar bagi masyarakat saat menggelar kegiatan. “Pandemi virus Corona belum usai, Prokes tetap wajib dipatuhi secara ketat. Jangan sampai ada pelanggaran dan terjadi penyebaran virus Corona,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI