Pengamanan Pilkades Diperketat

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Sebanyak 250 orang personil dari Polres, Kodim 0726 dan Linmas Sukoharjo disebar di 14 desa di sembilan kecamatan untuk melakukan pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) yang digelar 8 Desember. Personil ditempatkan setelah dilaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pilkades di halaman Setda Sukoharjo, Rabu (07/12/2016).

Wakapolres Sukoharjo Kompol M Ifan Hariyat mengatakan, pengamanan dilakukan dengan melibatkan petugas gabungan mulai dari polisi, TNI dan linmas. Seluruh personil dalam keadaan siap termasuk dengan kelengkapan senjata.

Pada pelaksanaan pilkades nanti sudah disiapkan sebanyak 44 tempat pemungutan suara (TPS) dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 48 orang. Seluruh lokasi sudah mendapatkan pengamanan ketat dari petugas.

“Pengamanan dilakukan dengan melibatkan petugas gabungan. Termasuk ada bantuan personil linmas dari Pemkab Sukoharjo,” ujar Kompol M Ifan.

Polres Sukoharjo sudah melakukan ploting tempat baik TPS dan desa penyelenggara Pilkades. Kerawanan paling tinggi terjadi di Desa Gedangan Kecamatan Grogol dan Desa Gumpang Kecamatan Kartasura.

M Ifan menambahkan, pengetatan pengamanan memang dilakukan karena perkembangan wilayah rawan seperti di Desa Gedangan Kecamatan Grogol sudah muncul. “Kerawanan konflik di Gedangan Grogol sudah muncul karena kemarin ada demo di sana juga da rapat panitia menyikapi pilkades,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI