Pengetatan Protokol Covid-19 Kembali Diterapkan di Temanggung

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung kembali melakukan pengetatan dan kampanye ketaatan protokol kesehatan pada masyarakat guna mencegah penularan Covid-19 di daerah tersebut.

“Langkah ini diperlukan untuk membendung penyebaran Covid-19,” kata Bupati Temanggung Al Khadziq, ditemui usai rapat membahas perkembangan Covid-19, Senin (05/10/2020)

Ia mengatakan terdapat sejumlah kluster baru di Temanggung, di Kecamatan Parakan misalnya ada kluster kondangan dan wisata air, sedang di kecamatan lain ada kluster pondok pesantren. Untuk kluster yasinan di Pringsurat Temanggung belum ada laporan, meski hari ini ada swab tes di daerah itu.

Dikatakan yang paling menonjol memang di Parakan, ada kluster Kondangan, yang terdapat sekitar 42 kasus positif dan semakin bertambah. Kini ada kluster wisata air dari Parakan Kauman yang melakukan piknik ke wisata air di Banjarnegara, setelah satu warga ada yang sakit dan meninggal dunia, yang setelah di swab tes hasilnya positif. “Mereka yang ikut rombongan sudah di swab, hasilnya ada yang positif juga,” katanya.

Ia menyampaikan jika ada kasus positif, pihaknya lantas melakukan traking bagi kontak erat, dan yang positif diminta untuk karantina di tempat karantina kabupaten. Bagi yang tidak mau, maka harus menandatangani surat pernyataan tidak keluar rumah selama karantina. “Harus pula ada surat kesanggupan dari pihak desa, Satgas Jogo Tonggo setemnpat untuk lakukan penjagaan dari yang bersangkutan,” kata dia.

Dikemukakan selain Parakan kasus menonjol juga di beberapa titik yang sekarang ditangani secara serius yakni di Walitelon Temanggung, Kecamatan Kaloran dan Kandangan. Ia meminta ponpes di Temanggung agar santrinya tidak keluar – masuk ponpes dan tidak menerima tamu dari luar sebagai bentuk kehati-hatian.

Demikain pula pada masyarakat jika tidak perlu sekali untuk tidak keluar rumah. ” Jika memang harus keluar rumah misal terkait urusan ekonomi, untuk memperhatikan protokol kesehatan, ” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI