Pengguna Gas TPA Mojorejo Ditambah 100 Sambungan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Produksi gas metan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Mojorejo, Bendosari akan ditingkatkan sampai jumlah maksimal 100 sambungan pengguna yang saat ini ada 40 sambungan pengguna. Para pengguna tersebut mayoritas warga yang tinggal disekitar TPA Mojorejo, Bendosari secara gratis sejak tiga tahun terakhir. Rencana tersebut akan direalisasikan dalam beberapa tahun kedepan. 

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo Agus Suprapto, Minggu (3/3) mengatakan, pemanfaatan gas metan di TPA Mojorejo, Bendosari akan terus dimaksimalkan dengan berencana meningkatkan produksi. Dengan demikian maka sampah tidak terbuang sia-sia dan bisa dimanfaatkan untuk warga. 

Pemkab Sukoharjo mulai memanfaatkan gas metan sejak dua atau tiga tahun lalu. Proyek ujicoba pertama dilakukan dengan membuat 20 sambungan pengguna gas metan. Setelah berhasil setahun berikutnya juga dilakukan penambahan 20 sambungan pengguna gas metan. Total sampai akhir 2018 tercatat ada 40 sambungan pengguna gas metan. Sedangkan tahun 2019 ini DLH Sukoharjo tidak lagi melakukan penambahan. 

DLH Sukoharjo sekarang sedang melakukan persiapan inovasi pemanfaatan sampah sebagai sumber energi dan ekonomi bagi daerah dan masyarakat. Dengan demikian maka keberadaan sampah tidak lagi dianggap sebagai masalah namun sumber pendapatan tambahan. 

“Produksi gas metan dan pemanfaatannya akan ditingkatkan menjadi 100 sambungan pengguna. Atau artinya akan ada 100 Kepala Keluarga (KK) kami target menggunakan gas metan dari TPA Mojorejo, Bendosari. Posisi sekarang baru ada 40 sambungan, rinciannya 20 sambungan pada tahun 2017 dan 20 sambungan lagi tahun 2018,” ujarnya. 

Terkait target 100 sambungan pengguna gas metan direncanakan akan direalisasikan DLH Sukoharjo dalam dua atau tiga tahun kedepan. Sebab untuk merealisasikannya membutuhkan biaya tidak sedikit. Selain itu juga perlu dukungan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI