Penghuni Melanggar, Pemilik Kos Terancam Sanksi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemilik indekos atau rumah kontrakan wajib bertanggungjawab penuh atas kondisi tempat usahanya termasuk perbuatan penghuninya lantaran marak ditemukan penyalahgunaan tempat baik oleh terduga teroris maupun pasangan mesum. 

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Minggu (16/6) mengatakan, Satpol PP Sukoharjo selama ini sudah sering melakukan kegiatan penertiban salah satu sasarannya yakni di indekos, hotel, penginapan dan rumah kontrakan. Dalam razia tersebut petugas banyak menemukan pelanggaran penyalahgunaan tempat salah satunya dipakai pasangan mesum. 

Sanksi tegas sudah diberikan petugas kepada pelaku penyalahgunaan tempat khususnya pasangan mesum tersebut. Namun Satpol PP Sukoharjo akan memberikan sanksi lebih tegas kepada pemilik indekos. 

“Pemilik indekos, rumah kontrakan, penginapan dan sejenisnya wajib bertanggungjawab penuh atas tempat usahanya termasuk penghuninya. Sebab dalam perkembanganya semakin banyak pelanggaran berupa penyalahgunaan tempat,” ujarnya. 

Heru mengakui akibat penyalahgunaan tempat tersebut sering dikeluhkan warga masyarakat sekitar indekos. Mereka melaporkan ke Satpol PP Sukoharjo berkaitan dengan aktifitas para penghuni di luar kewajaran pada umumnya. 

“Pemilik indekos, rumah kontrakan, penginapan dan sejenisnya mereka jangan hanya asal menyediakan tempat saja dengan tujuan komersil. Namun mereka juga wajib bertanggungjawab penuh atas perbuatan penghuninya,” lanjutnya. 

Heru menegaskan, seperti masukan dari masyarakat dimana pemilik indekos wajib memisah atau tidak mencampur orang yang tinggal antara perempuan dan laki laki. Selain itu juga diberlakukan aturan pembatasan jam kunjung serta wajib lapor ke pengurus RT/RW. (Mam)

Kos

BERITA REKOMENDASI