Pengiriman Sapi ke Jakarta Melesat

KLATEN (KRjogja.com) – Semakin mendekati Hari Raya Idul Adha, permintaan hewan kurban semakin meningkat. Pengiriman sapi ke Jakarta dan jawa Barat meningkat 40 persen. Sedangkan harga juga semakain melejit. Untuk harga sapi mengalami kenaikan berkisar Rp 1,5 juta hingga 3 juta per ekor.

Pembeli hewan kurban Warga Griya Prima, Klaten Utara, Bambang Senin (29/08/2016) mengaku sengaja membeli hewan kurban saat ini agar bisa lebih banyak pilihan. Selain itu harganya masih lebih murah dibanding nanti saat mendekati hari H. Namun harga sapi juga sudah mahal, dibanding tahun lalu. “Saya sudah beli dua ekor, masing-masing seharga Rp 20 juta dan Rp 30 juta,” kata Bambang.

Penjual hewan Kurban di wilayah Jatinom, Yono mengatakan, untuk tahun ini kenaikan harga memang berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta per ekor sapi. Sedangkan harga sapi yang layak kurban cukup bervariasi, antara Rp 16,5 juta hingga Rp 25 juta.

Kabid Peternakan di Dinas Pertanian Kabupaten Klaten Sri Muryanai mengemukakan, sudah terjadi peningkatan pengiriman ternak keluar daerah sekitar 40 persen dibanding kebutuhan normal di luar Idul Adha. Hal itu diketahui dari tingginya permintaan surat keterangan kesehatan hewan.(Sit)

 

BERITA REKOMENDASI