Pengumuman DPS, KPU Boyolali Akan Gelar Uji Publik

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI (KRjogja.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali mulai mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilgub Jateng 2018 mulai Jumat (23/3) hingga 2 April mendatang. Saat ini, jumlah DPS di Boyolali sebanyak 777.133 pemilih sementara, dimana 386.284 adalah pemilih laki-laki dan 390.839 adalah pemilih perempuan.

Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto Harjono menjelaskan, selama masa pengunguman ini, seluruh stakeholder, diantaranya masyarakat, Panwas, hingga tim kampanye, dipersilahkan untuk memberi tanggapan dan masukan untuk dijadikan koreksi, semisal data pemilih yang salah atau pemilih yang belum terdaftar, pemilih yang sudah tidak lagi memenuhi syarat (TMS) semisal karena meninggal dunia, ganda, pindah domisili atau berubah status.

Nantinya akan ada masa perbaikan sebelum DPS ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap atau DPT. "Pengunguman kita pasang di tempat-tempat stategis, misal di balai desa," kata Siswadi.

Agar data pemilih benar-benar valid, pihaknya juga akan melakukan kegiatan uji publik terhadap DPS secara serentak pada 27 Maret atau tepat tiga bulan sebelum pencoblosan yang dilakukan 27 Juni mendatang. Uji publik dilakukan dengan mengundang pemilih atau kepala keluarga, tokoh masyarakat atau Rt/Rw guna mencermati nama-nama pemilih dalam DPS. "Uji publik dilakukan di masing-masing TPS,"

Uji publik juga sekaligus untuk mendorong dan mesosialisasikan agenda Pilgub agar masyarakat lebih pro-aktif. Masyarakat bisa langsung melakukan koreksi apabila mengetahui ada kesalahan data, memastikan diri atau keluarganya sebagai pemilih, atau menginformasikan bila ada perubahan data pemilih. "Kami ingin memastikan masyarakat benar-benar mempunyai hak pilih di TPS masing-masing," (Gal)

BERITA REKOMENDASI