Pensiun, Posisi Empat Kepala Desa Kosong

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Jabatan empat kepala desa kosong setelah mereka pensiun atau masa jabatan berakhir. Untuk sementara posisinya digantikan oleh Pejabat (Pj) dan  pengisian kepala desa definitif akan dilakukan dalam proses pemilihan kepala desa (Pilkades) massal pada 2018 mendatang.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Sukoharjo Setyo Aji Nugroho, Senin (3/7) mengatakan, empat posisi kepala desa yang kosong yakni Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Desa Kertonatan, Kecamatan Kartasura, Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol. Para kepala desa di empat desa tersebut sudah pensiun. “Tiga dari empat desa itu diisi Pj sudah dilantik. Tinggal satu kemungkinan setelah lebaran ini,” lanjutnya.

Dia menjelaskan posisi kepala desa yang kosong akan diisi kembali melalui mekanisme Pilkades. Rencananya pelaksanaanya akan digelar secara massal pada 2018. “2018 ada agenda Pilkades massal. Posisi kepala desa yang kosong akan diisi melalui mekanisme itu,” lanjutnya.

Dia menambahkan penataan perangkat desa akan dilakukan dalam waktu dekat. Sebab secara aturan baik dalam bentuk Undang Undang Desa, Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) telah ada. Selanjutnya tinggal dilakukan sosialisasi oleh Bagian Pemdes dan Bagian Hukum. (Mam)

BERITA REKOMENDASI