Penutup Saluran Air Underpass Makamhaji Sering Hilang, Ada Apa?

SUKOHARJO,KRJOGJA.com – Penutup saluran air di underpass, Makamhaji, Kartasura sering hilang diduga dicuri dan menyebabkan rawan kecelakaan lalu lintas. Pemkab Sukoharjo terpaksa melakukan perbaikan demi keselamatan pengguna jalan, meski status pengelolaan masih jadi kewenangan pusat dan belum diserahkan daerah. Terkait dugaan pencurian tersebut, Pemkab Sukoharjo meminta pada Polres Sukoharjo bertindak dan menangkap pelaku.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo, Minggu (20/9), mengatakan, pengelolaan uderpass Makamhaji, Kartasura masih menjadi kewenangan pemerintah pusat dan belum diserahkan ke Pemkab Sukoharjo. Proses masih terus berjalan dan belum selesai sampai sekarang. Belum adanya penyerahan pengelolaan membuat kondisi underpass Makamhaji, Kartasura sering mengalami kerusakan. Meski demikian, perbaikan sudah terus diupayakan langsung dari pusat maupun berkoordinasi dengan Pemkab Sukoharjo.

Perbaikan yang baru saja selesai dilakukan DPUPR Sukoharjo yakni pemasangan penutup saluran air di underpass, Makamhaji, Kartasura. Perbaikan dilakukan setelah penutup saluran air sering hilang diduga dicuri. Akibatnya membuat kerawanan kecelakaan lalu lintas.

“DPUPR Sukoharjo melihat dari sisi keselamatan dan kepentingan umum masyarakat. Perbaikan penutup saluran air underpass, Makamhaji, Kartasura yang diduga hilang dicuri sudah selesai diperbaiki,” ujarnya.

Hilangnya penutup saluran air underpass, Makamhaji, Kartasura menyebabkan tidak sedikit kasus kecelakaan lalu lintas. Sebab posisi saluran air berada tepat dibawah terowongan underpass. Lubang saluran air yang terbuka karena penutupnya hilang menyebabkan kendaraan motor yang melaju kencang dari atas menjadi tidak terkendali.

BERITA REKOMENDASI