Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedung Ombo, 9 Penumpang Hilang

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Perahu wisata berpenumpang 20 orang terbalik di Waduk Kedung Ombo (WKO) kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Sabtu (15/05/2021) sekitar pukul 11.00 WIB. sebanyak 11 orang selamat dan 9 orang lainnya masih dalam pencarian. Diduga perahu terbalik karena hilang keseimbangan lantaran para penumpang berselfi di ujung depan perahu.

Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond melalui Kapolsek Kemusu, AKP Cahyo Nugroho mengatakan para penumpang perahu merupakan wisatawan yang sedang berwisata di warung apung kawasan WKO. Saat perahu sudah akan mencapai warung apung, banyak penumpang yang melakukan selfi di depan perahu.

“Berat perahu menjadi tak seimbang sehingga bagian depan lebih berat membuat air mulai masuk kapal. Tak lama kemudian perahu terbalik,” kata Cahyo Nugroho.

Sebanyak 11 orang penumpang berhasil diselamatkan, sedangkan 9 orang lainnya belum ditemukan. Para penumpang yang masih dalam pencarian yakni Siti Mukaromah, Wilda, Niken Safitri, Tituk Mulyani, Ana, Zamzam, Jalal, Jalil dan Desti. “Masih dalam proses pencarian oleh tim SAR gabungan,”ungkapnya.

Sementara menurut Gunadi warga setempat yang turut membantu proses evakuasi mengatakan jarak dari daratan menuju ke warung apung sekitar 20 meter. Perahu yang mengangkut wisatawan bertenaga mesin dengan kapasitas 20 orang.

“Mungkin para penumpang berada di ujung perahu, jadi mengakibatkan perahu tidak stabil dan akhirnya terbalik,” ungkapnya singkat. (M-2/Sit)

BERITA REKOMENDASI