Perbaikan, Dam Colo Ditutup Sementara

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Pintu saluran air Dam Colo resmi ditutup mulai 1 Oktober hingga satu bulan kedepan. Penutupan secara otomatis menutup aliran air ke saluran irigasi dan lahan pertanian. Pada penutupan tahun ini tidak berdampak besar bagi petani. Sebab penutupan dilakukan dengan kondisi cuaca bersamaan dengan curah hujan tinggi.

Ketua Paguyuban Petani pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur Jigong Sarjanto, Minggu (2/10/2016) mengatakan, penutupan pintu saluran air sudah resmi dilakukan pada Sabtu (1/10/2016) pagi. Sebelum dilakukan penutupan telah lebih dulu dilakukan sosialisasi baik dari gabungan kelompok tani, kelompok tani dan petani.  

Sosialisasi sudah dilakukan cukup lama sehingga bisa diketahui langsung petani. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya penutupan pintu saluran air Dam Colo sekarang tidak terlalu membuat petani resah. Sebab biasanya selalu kekurangan air apabila dilakukan penutupan. Sekarang petani masih memiliki stok air melimpah dengan berharap dari hujan.

“Pintu air Dam Colo benar sudah ditutup. Tapi tidak terlalu berpengaruh pada petani karena sekarang musim kemarau basah dan curah hujan masih tinggi,” ujar Jigong.

Pengurus P3A Dam Colo Timur sendiri hingga sekarang belum mendapatkan keluhan dari petani terkait potensi atau ancaman kekurangan air akibat penutupan pintu air Dam Colo. Para petani tetap lega dan bersikap tenang dengan penutupan pintu air Dam Colo.

“Stok air masih melimpah dan petani sekarang sudah melakukan tanam dan tinggal perawatan saja hingga panen,” lanjutnya.

Meski stok air melimpah namun petani tetap meminta kepada petugas terkait untuk menjalankan tugas dengan baik. Sebab penutupan pintu saluran air Dam Colo dilakukan dengan tujuan perawatan rutin tahunan. Salah satu yang disorot yakni terkait kerusakan pintu saluran, kebocoran air hingga sedimentasi parah di Dam Colo dan saluran irigasi.
Perawatan rutin kali ini harus bisa menyelesaikan masalah yang dikeluhkan petani. Sebab pada tahun mendatang kebutuhan air dari petani sangat banyak. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI