Perbaikan II, DPT Boyolali 810.977 Pemilih

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Boyolali yang ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) II meningkat 26.900 pemilih dibanding DPTHP I. Meski jumlah DPT meningkat signifikan, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) tak akan ditambah.

Komisioner KPU Boyolali, Devisi Perencanaan, Data dan Informasi, Pardiman, usai Rapat Pleno DPTHP II, Senin (12/11/2018) menjelaskan, jumlah DPT yang ditetapkan saat ini sebanyak 810.977 pemilih, meningkat dari DPTHP I sebanyak 784.077 pemilih. Komposisinya, laki-laki sebanyak 402.242 dan perempuan 408.735 pemilih.

"Pemilih baru ini kebanyakan merupakan pemilih pemula. Kemudian ada juga pemilih yang berasal dari alih status. Contohnya Purnawirawan TNI Polri yang sudah memiliki hak pilih," ujarnya.

Saat ini, pihaknya pin terus melakukan pencermatan terhadap jumlah pemilih, diantaranya dengan program Gerakan Lindungi Hak Pilih. Hal itu untuk memastikan semua warga Boyolali terjamin hak pilihnya dalam Pemilu nanti.

Meski asa peningkatan jumlah DPT yang cukup signifikan, lanjut Pardiman, pihaknya tak akan menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah ditetapkan saat ini, yakni aebanyak 3.189 TPS di 261 desa dan 6 kelurahan. Jumlah TPS yang ada dinulai sudah bisa mengakomodir seluruh DPT yang tercantum. Ia pun memastikan bahwa di tiap TPS, maksimal pemilih sebanyak 300 pemilih agar pelaksanaan pemungutan suara bisa efektif.  

"Kita maksimalkan jumlah TPS yang sudah ada," jelasnya.

Ketua Bawaslu Boyolali, Taryono menjelaskan, terkait jumlah DPT, pihaknya akan terus melakukan pencermatan secara cermat dan teliti hingga saat waktu pemungutan mendatang. Hal itu untuk memastikan semua pemilih dapat menyalurkan aspirasi politiknya dalam Pemilu serta mencegah adanya kesalahan, semisal daftar pemilih ganda. (Gal)

BERITA REKOMENDASI