Perbaikan Jalur Mudik Selesai H-10

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Semua jalan baik utama maupun alternatif harus siap pakai untuk jalur mudik dan balik pada H-10 lebaran. Waktu yang tersisa sekarang dimaksimalkan petugas untuk menyelesaikan proses perbaikan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji, Senin (05/06/2017) mengatakan, proses perbaikan jalan sudah dikerjakan oleh petugas sejak beberapa hari lalu. Pengerjaan dikebut dengan pengawasan ketat. “H-10 lebaran semua jalan baik utama maupun alternatif harus siap pakai untuk jalur mudik dan balik. Kecuali jalan jalan yang masuk proyek,” ujar Suraji.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo melalui Bagian Bina Marga sudah selesai melakukan pendataan. Dibeberapa jalan sudah selesai dikerjakan perbaikan.

Selanjutnya jalan tersebut dimasukan dalam data khusus dan diteruskan informasinya ke petugas terkait lainnya. Jalan tersebut seperti jalur dari arah Solo ke Sukoharjo dan jalur dari Tugu Lilin Makamhaji ke Sukoharjo.

Jalur dari Kartasura ke Sukoharjo baik jalan utama dan alternatif sebagian juga sudah siap. Untuk jalan yang belum maka dikebut pengerjaan perbaikannya. “Kami sudah mendatangkan aspal sebanyak dua truk kontainer siap pakai. Saya harapkan kedatangan aspal ini mempercepat proses perbaikan untuk mempersiapkan jalur mudik lebaran,” lanjutnya.

Suraji memperhitungkan sisa waktu 20 hari kedepan bisa dimaksimalkan. “Untuk perbaikan tambal sulam aspal saya jamin selesai. Tapi untuk jalan masuk proyek seperti jalur Carikan-Bulakan-Serenan tidak bisa selesai,” lanjutnya.

Hal tersebut terjadi karena pembangunan jalur Carikan-Bulakan-Senenan membutuhkan waktu lama dan anggaran besar. Karena itu masyarakat diminta maklum dengan kondisi jalan sekarang yang masuk banyak kerusakan.

“Untuk jalur Carikan-Bulakan-Senenan kami tanani seadanya. Mungkin dilakukan pengurukan agar jalan yang ada lubang besar tidak membahayakan masyarakat,” lanjutnya.

Jalur lainnya yang masuk proyek pembangunan yakni Mojolaban-Makam Pahlawan Bakalan Polokarto. Kondisi jalan rusak disana belum ditangani. “Jalan dari Gentan Bendosari – Makam Pahlawan Polokarto ditangani dengan perbaikan penambalan aspal karena tidak masuk proyek,” lanjutnya.

Satu jalur yang sudah selesai diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo yakni dari Bendosari – Bancaan Mojorejo. “Selain jalan kami juga sedang melakukan pengerjaan pembangunan saluran di Jalan Slamet Riyadi Kartasura. H-7 lebaran harus sudah selesai karena jalan disana dipakai jalur mudik,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI