Perbaikan Kesejahteraan, GTT PTT SDN Mengadu ke DPRD Sukoharjo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com- Puluhan guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukoharjo mengadukan nasib dengan mendatangi gedung DPRD Sukoharjo. Mereka dihadapan Komisi IV dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait mengajukan sejumlah tuntutan salah satunya perbaikan kesejahteraan.

Juru bicara GTT PTT SDN Sukoharjo sekaligus sebagai GTT SDN Gonilan 2 Kartasura Ari Setyawan Nugroho, Jumat (11/5) mengatakan, sengaja datang kembali untuk ketiga kalinya mengadukan nasib kehadapan DPRD Sukoharjo. Dalam dua pertemuan pertama dengan para wakil rakyat terus dipantau sampai sekarang. 

"Kondisi kesejahteraan GTT PTT masih di bawah standar karena honor yang mereka terima rendah. Setiap bulan hanya menerima uang dengan besaran bervariasi mulai Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu. Nilai tersebut terpaut jauh dibandingkan Upah Minimum Kabupaten (UMK)  sekitar Rp 1.648.000 perbulan," jelasnya.

Dihadapan para wakil rakyat GTT PTT Sukoharjo juga menyampaikan tuntutan lain berkaitan dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Sukoharjo berkaitan dengan kejelasan status kerja. SK tersebut sangat penting dimiliki oleh GTT PTT untuk mendapatkan kejelaaan status kerja. Sebab selama ini beban kerja GTT PTT tidak kalah dibandingkan pegawai lain dengan status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

"GTT PTT SDN di Sukoharjo meminta perbaikan nasib berupa peningkatan kesejahteraan. Selama ini honor yang diterima sangat kecil dan membuat kualitas hidup jauh dari kata layak. Kami juga meminta dibuatkan SK Bupati sebagai kejelasan status kerja," ujarnya.

Kabid PPTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Supomo dihadapan para GTT PTT saat pertemuan dengan Komisi IV DPRD Sukoharjo Supomo mengatakan, pihaknya sudah melakukan klasifikasi terhadap GTT PTT di Sukoharjo sejak Januari sampai Maret lalu. 

Hasilnya diketahui untuk GTT dengan klasifikasi sebagai guru mengajar kelas 1.193 orang, GTT mengajar mata pelajaran muatan lokal 480 orang, GTT penjaga sekolah 307 orang, dan GTT penjaga perpustakaan 226 orang. Selain itu dalam pendataan juga diketahui ada 91 orang. Total secara keseluruhan GTT PTT SDN di Sukoharjo ada 2.297 orang. (Mam)

BERITA REKOMENDASI