Perbaikan Tanggul Kali Situri Rampung

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Perbaikan tanggul jebol Kali Situri di Desa Grogol, Kecamatan Weru berhasil dilakukan dengan memasang bronjong batu. Meski bersifat sementara namun membuat warga dan petani lega. Namun, warga tetap berharap dilakukan pembangunan talud pengaman permanen oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakoso, Selasa (09/01/2017) mengatakan sesuai target perbaikan tanggul jebol Kali Situri, Grogol, Weru selesai dikerjakan selama dua hari.

"Perbaikan sudah dilakukan dan memang belum sempurna butuh menambal celah kecil agar air tidak merembes dan jadi penyebab banjir. Selan itu akan kami sempurnakan dengan menutup sejumlah lubang disepanjang tanggul yang rawan jebol," ujarnya.

Dandim mengakui ada informasi dari warga dan petani berkaitan dengan penyebab tanggul jebol dikarenakan jari sarang tikus. Beberapa lubang menjadi penyebab tanggul mudah jebol dan menyebabkan banjir.
“Setelah ini mungkin akan kami lakukan kegiatan gropyokan tikus. Selain membasmi hama juga mencegah salah satu sumber penyebab tanggul jebol di Kali Situri,” lanjutnya.

Kodim 0726 Sukoharjo juga akan menyiapkan anggotanya untuk melakukan pemantauan dilokasi tanggul jebol setelah dilakukan perbaikan. Hal itu penting sebagai bagian dari jaminan agar petani bisa kembali melakukan tanam.

“Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait. Termasuk BBWSBS agar segera memberikan jawaban kepastian kepada warga dan petani kapan dilakukan pembangunan talud permanen,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI