Perbaikan Underpass Makamhaji Selesai

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Perbaikan Underpass Makamhaji, Kartasura selama dua hari sudah diselesaikan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Perbaikan meliputi pembersihan saluran air, pemasangan penutup saluran air dan pengaspalan ulang jalan secara menyeluruh. Kondisi Underpass Makamhaji, Kartasura sekarang sudah bisa digunakan normal masyarakat termasuk saat dipakai jalur mudik Lebaran mendatang.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Sukoharjo Toni Sri Buntoro, Sabtu (20/03/2021) mengatakan, kondisi Underpass Makamhaji, Kartasura sudah selesai diperbaiki oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Akses lalu lintas juga normal kembali setelah kendaraan diperbolehkan melintas.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan melakukan perbaikan Underpass Makamhaji, Kartasura selama dua hari terhitung 18 dan 19 Maret. Dalam tempo waktu tersebut arus lalu lintas kendaraan ditutup total dan dialihkan menggunakan jalur alternatif.

Selama dua hari perbaikan dilakukan di Underpass Makamhaji, Kartasura meliputi pembersihan saluran air, pemasangan penutup saluran air dan pengaspalan ulang jalan secara menyeluruh. Kondisi fisik bangunan Underpass Makamhaji, Kartasura sekarang sepenuhnya sudah baik.

“Underpass Makamhaji, Kartasura sudah selesai diperbaiki Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Kondisinya sekarang sudah bisa digunakan dan arus lalu lintas normal kembali,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo mengatakan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sudah melakukan perbaikan Underpass Makamhaji. Pada saat perbaikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo ikut memantau dengan melihat langsung ke lokasi pengerjaan.

Perbaikan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sudah sesuai dengan pengajuan usulan daerah. Dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo. Juga masukan dari Dinas Perhubungan Sukoharjo.

Kerusakan utama Underpass Makamhaji, Kartasura sesuai usulan pengajuan daerah ke pusat seperti saluran air, penutup saluran air dan pengaspalan ulang. Setelah dikerjakan diharapkan masyarakat menjadi lebih nyaman dan aman saat melintas.

“Selama ini pemeliharaan sudah dibantu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo dengan membersihkan saluran air dan memasang penutup saluran air. Padahal itu kewenangan pusat. Kami lakukan setelah banyak keluhan masyarakat terkait kerusakan Underpass Makamhaji, Kartasura,” ujarnya.

Bowo menjelaskan, selama ini kondisi saluran air Underpass Makamhaji banyak terdapat sedimentasi pasir. Selain itu juga penutup saluran air sering rusak karena dilintasi kendaraan. Bahkan penutup saluran air sering hilang dicuri orang tidak dikenal.

“Mudah-mudahan setelah diperbaiki sudah tidak ada kerusakan lagi. Underpass Makamhaji menjadi akses penting masyarakat menghubungkan Kabupaten Sukoharjo dengan Kota Solo,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI