Perbukitan Pereng, Destinasi Wisata Baru di Klaten

KLATEN, KRJOGJA.com – Sejumlah wahana baru mulai dibangun di daratan tinggi Desa Pereng, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Keberadaannya untuk menambah pilihan destinasi wisata di Kota Bersinar.

Kepala Desa Pereng, Purwanto Hadi, mengatakan, tempat wisata baru dibangun di atas lahan tanah kas desa seluas tujuh hektare. Potensi alam berupa perbukitan dengan memiliki view melihat pemandangan luas seperti bukit seribu di sisi selatan serta Gunung Merapi dan Candi Prambanan di sisi utara.

"Tempat wisata ini berada di Dukuh Tegal Pencil dan diberi nama Galpentjil Heritage. Tahap awal pembangunan mulai tahun 2019 dengan anggaran sekitar Rp 200-an juta. Selanjutnya akan diselesaikan bertahap. Pereng sebagai desa wisata baru juga dapat bantuan dari kabupaten Rp 100 juta, nanti untuk melanjutkan," ujarnya, Sabtu (25/1/2020) malam.

Galpentjil Heritage akan dilengkapi wahana selfie, joglo pertemuan, camping ground, area outbond, kios wisata, hingga pasar tradisional. Pemerintah desa setempat berharap keberadaannya akan menjadi pilihan destinasi wisata sehingga membantu peningkatan perekonomian masyarakat.

Sementara itu dalam berbagai kesempatan, Bupati Klaten Sri Mulyani mendorong desa-desa di wilayahnya untuk bergerak mengembangkan potensi yang dimiliki, salah satunya untuk sektor pariwisata. Sejumlah wisata desa kini sudah mulai berjalan dan mendapatkan respon positif dari masyarakat.(Lia) 

BERITA REKOMENDASI