Perbup Pendidikan Karakter dan Literasi Disiapkan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Program penguatan pendidikan karakter dan literasi sekolah digalakan di Sukoharjo. Untuk menguatkan jalanya program tersebut sekarang sudah disiapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penguatan pendidikan karakter dan literasi sekolah.

Kepala SMPN 1 Sukoharjo Indiah Dewi Murni dalam sambutnnya saat acara Spensa Expo 2018 bertajuk kelas inspiratif dalam gerakan literasi sekolah serta launching majalah sekolah, buku siswa dan guru, Sabtu (24/03/2018) mengatakan SMPN 1 Sukoharjo sudah menerapkan kelas inspiratif dan menjalankan program gerakan literasi sekolah. 

Dia menjelaskan kegiatan dilaksanakan sesuai instruksi pemerintah dengan melibatkan guru dan siswa.Sedangkan, bentuk kegiatan dalam gerakan literasi sekolah yakni dengan mengajak guru dan siswa aktif membaca serta membuat buku. 

Berbagai jenis koleksi buku, kata Indiah telah dimiliki dan dipakai untuk kepentingan sekolah. Hasil karya siswa dan guru sudah ada sekarang dalam bentuk majalah sekolah. Selain itu ada berbentuk buku dan guru dihasilkan. Untuk mendukung gerakan tersebut SMPN 1 Sukoharjo juga menggalakan dan ikut lomba literasi antar sekolah.

"Kami mendengar sudah ada Perbup tentang penguatan pendidikan karakter dan literasi. Kami siap menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan program tersebut," ujar Indiah Dewi Murni.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, Pemkab Sukoharjo sangat mendukung pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter dan literasi sekolah. Bentuk dukungan diwujudkan dengan pemberian bantuan dan berbagai fasilitas sekolah. Salah satunya yakni buku untuk kelengkapan perpustakaan.

Buku yang sudah diberikan diharapkan dimanfaatkan dengan baik. Sekolah harus membuka kesempatan pada guru dan siswa dengan kegiatan membaca buku.

"Pada dasarnya tidak sekedar membaca tapi bisa membuat buku. Dengan demikian maka ilmu yang dimiliki bisa memiliki kemanfaatan untuk orang lain," ujar Wardoyo. (Mam)

BERITA REKOMENDASI