Peredaran Parcel Lebaran Diawasi Ketat

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Penjualan parcel lebaran mulai marak dijual disejumlah pusat perbelanjaan. Masyarakat diminta untuk teliti saat membeli karena rawan peredaran produk makanan dan minuman kadaluarsa. Petugas juga akan melakukan pemantauan langsung dengan pengecekan ke lapangan sekaligus meminta pengelola pusat perbelanjaan tidak berbuat curang.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Sukoharjo Sutarmo, Minggu (11/06/2017) mengatakan, penjualan parcel lebaran tidak hanya ditemukan di mall besar namun juga dipusat perbelanjaan modern disejumlah wilayah. Masyarakat dengan mudah membeli parcel dengan berbagai variasi pilihan isi dan harga.

"Jangan mudah tergiur dengan kemasan luar dan harga murah. Pastikan dengan mengecek dan menanyakan ke petugas atau penjualnya produk makanan dan minuman dalam parcel aman tidak kadaluarsa dan mengandung bahan kimia berbahaya," ujar Sutarmo.

Masyarakat, kata Sutarmo berhak meminta jaminan kepada penjual parcel terhadap produk yang akan dibeli. Apabila ditemukan pelanggaran maka bisa dilakukan pengaduan. "Misal  saat membeli dalam satu parcel ada produk sudah kadaluarsa maka konsumen bisa mengadukan masalah itu,” lanjutnya.

Sutarmo menjelaskan, kadaluarsa yang dimaksud yakni masa berlaku konsumsi terhadap produk makanan dan minuman. Apakah sudah terlewati atau masih lama. “Kalau masih ada waktu penggunaanya setidaknya satu atau dua bulan lagi baru kadaluarsa maka masih ada toleransi dijual. Makanya masyarakat kami minta cermat dan teliti saat beli,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI