Pertama di Indonesia, Kabupaten Sukoharjo Tuntaskan Sertifikat Tanah

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kabupaten Sukoharjo menjadi pertama di Indonesia sebagai kabupaten tertib sertifikat tahun 2020. Sebab Kabupaten Sukoharjo telah selesai melakukan pensertifikatan semua bidang tanah lebih awal dibanding daerah lain. Sertifikat tersebut sekarang dijadikan pegangan sah bagi pemilik tanah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo, Senin (20/7/2020) mengatakan, tanah di Sukoharjo sekarang sudah bersertifikat semua. Pensertifikatan tanah tersebut menjadi bagian dari program Pemkab Sukoharjo. Untuk mendukung program tersebut telah disediakan anggaran besar melalui APBD. Seperti dalam kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) APBD Kabupaten Sukoharjo tahun 2019.

Pada program tersebut Pemkab Sukoharjo menyediakan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar. Anggaran digunakan untuk memproses sertifikat terhadap 1.623 bidang tanah dan 9.999 perbaikan data bidang tanah di Kabupaten Sukoharjo.

Sebanyak 1.623 bidang tanah yang telah selesai proses pensertifikatannya secara rinci, 1.066 sertifikat tanah milik masyarakat, 79 sertifikat tanah aset Pemkab Sukoharjo, 478 sertifikat tanah aset pemerintah desa meliputi 78 desa dan kelurahan di 12 kecamatan.

Karena kondisi pandemi virus corona maka penyerahan sertifikat tanah diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Pertanahan Sukoharjo kepada Bupati Sukoharjo. Selanjutnya diserahkan ke camat dan disampaikan ke kepala desa dan lurah untuk diberikan kepada masyarakat penerima sertifikat.

“Kabupaten Sukoharjo menjadi satu satunya di Indonesia sebagai kabupaten tertib sertifikat tahun 2020,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI