Pertama di Indonesia, Polres Klaten Luncurkan Chatbot

KLATEN, KRJOGJA.com – Polres Klaten membangun teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat, di masa pandemi Covid 19. Aplikasi Chatbot tersebut diluncurkan bersamaan pencanangan zona integrtias Polres Klaten menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), di aula Satya Haprabu, Rabu (19/8/2020).

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu mengemukakan, aplikasi ini berisi layanan dan informasi seperti (A) Apa itu Chatbot Polres Klaten, (B) Teras Klaten, (C) SKCK Go, (D) SKBN Online, (E) Los Dol Berlalu Lintas, (F) Jadwal Sikjuminten (SIMKEL Jumat Minggu Enten), dan (G) situasi Covid Kabupaten Klaten.

Ketika pengguna mengetik A, B, C, D, E, F, atau G, lalu kirim ke operator, maka operator akan menjawab pertanyaan pengguna.

“Layanan Chatbot Polres Klaten ini untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai kepolisian (Polres Klaten. Masyarakat cukup masuk ke Chatbot Polres Klaten, maka unit layanan Polres Klaten akan menjawab pertanyaan yang disampaikan. Aplikasi ini memang belum sempurna, dan akan kami lakukan penyempurnaan. Aplikasi ini baru ada di Klaten,” kata Kapolres.

BERITA REKOMENDASI