Pesan Persatuan dari 8.408 Mahasiswa Baru UGM

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2019 secara resmi ditutup Jumat (09/08/2019) sore. Sebanyak 8.408 mahasiswa sukses melakukan 10 formasi dengan tema Persatuan Indonesia yang mengundang decak kagum.

Lapangan Grha Sabha Pramana UGM dipenuhi mahasiswa baru sejak pukul 13.00 WIB. Mereka membentuk formasi persegi yang ternyata sudah didesain sedemikian rupa untuk membentuk formasi indah.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa menjadi orator kunci dalam penutupan tersebut. Andika memanggil dua mahasiswa-mahasiswi UGM asal Lombok yang kemudian melakukan sambungan telpon dengan orangtua mereka.

Dalam sambungan telpon tersebut, Jendral Andika menanyakan harapan orangtua bagi putra-putri yang akan memulai perjuangan sebagai mahasiswa UGM. “Saya ingin sampaikan, harapan orangtua adalah hal yang luar biasa. Teman-teman mahasiswa baru harus ingat bagaimana harapan-harapan itu diwujudkan sebagai sebuah semangat untuk berkarya,” ungkap KSAD pada wartawan usai penutupan.

KSAD juga menayangkan video yang menunjukkan perjalanan karier Presiden Joko Widodo, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menlu Retno Marsudi dan Mantan Wapres RI Boediono. Menurut Andika, mereka semua adalah alumni UGM yang sangat layak ditiru keberhasilannya sekaligus kontribusi bagi NKRI.

Formasi yang dibuat para mahasiswa sendiri begitu menarik dengan caping berwarna merah-putih, kertas asturo warna dan pom-pom. Kreasi membentuk formasi simbol persatuan dan setiap sila Pancasila berhasil dibentuk dengan apik.

Kesepuluh formasi yang dibentuk ini diantaranya formasi gambar peta Indonesia, formasi Garuda Pancasila dengan gambar peta Nusantara, simbol sila pertama diwujudkan dengan tempt ibadah keyakinan di Indonesia, fomasi sila ketiga berupa simbol gambar tangan, sila keempat dangan simbol gambar Soekarno dan Hatta dan formasi sila kelima berupa gambar timbangan. Terakhir mahasiswa menggunakan pom-pom dengan warna merah dan putih, mereka  membentuk formasi Garuda Pancasila dengan latar warna bendera merah putih beserta tulisan Integritas UGM, Integrasi Nasional. (Fxh)

UGM

BERITA REKOMENDASI