Peserta Seleksi JPTP Pemkab Sukoharjo Ikuti Uji Kompetensi

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Seleksi terbuka dan kompetitif pengisian posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dimulai. Tahapan yang diselenggarakan Panitia Seleksi (Pansel) yakni uji kompetensi. Seleksi digelar setelah posisi jabatan sebelumnya kosong.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo, Rabu (28/07/2021) mengatakan, uji kompetensi digelar di Swiss-BelHotel Solo. Sebelum pelaksanaan uji kompetensi diadakan upacara pembukaan.

Widodo saat membacakan sambutan Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyampaikan selamat dan sukses lolos tahap pertama yaitu seleksi administrasi, dan diharapkan semua peserta dapat mengikuti proses seleksi sampai tahap akhir. Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang saat ini kosong dilelang tujuh, membutuhkan personil yang mumpuni dan dapat membantu Bupati dan Wakil Bupati untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

“Kami membutuhkan pimpinan yang cakap menterjemahkan program yang telah ditetapkan oleh bupati. Yang mengikuti seleksi ini adalah orang-orang pilihan, karena tidak setiap pegawai atau pejabat dapat mengikuti seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama seperti yang diselenggarakan pada saat ini,” ujarnya.

Widodo menambahkan, kepada seluruh peserta untuk mengikuti uji kompetensi dengan tertib dan sungguh-sungguh. Untuk proses seleksi Pemkab Sukoharjo menyerahkan sepenuhnya kepada panitia seleksi, dan tidak ada titipan untuk personil tertentu.

Sudarsono mewakili Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS menyampaikan terimakasih kepada pemkab Sukoharjo yang telah menunjuk UNS untuk menyelenggarakan uji kompetensi.

Tuhana selaku Team Leader Asesor menjelaskan, bahwa uji kompetensi meliputi uji kompetensi manajerial, kompetensi bidang dan kompetensi sosio kultural. Kriteria hasil uji kompetensi ada tiga kategori, yaitu Memenuhi Syarat (MS), Masih Memenuhi Syarat (MMS), dan Kurang Memenuhi Syarat (KMS).

Ketua Pansel Anwar Hamdani mengatakan, untuk menyelenggarakan uji kompetensi, panitia seleksi bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret. Peserta uji kompetensi adalah peserta yang telah dinyatakan memenuhi syarat lolos seleksi administrasi. Uji kompetensi akan dilaksanakan selama dua hari, Selasa dan Rabu, (27-28/07/2021). Hasil uji kompetensi akan diumumkan lima hari setelah pelaksanaan uji kompetensi, bagi peserta yang dinyatakan lolos akan mengikuti tahap berikutnya, yaitu uji gagasan atau program dan wawancara.

Seleksi secara Terbuka dan Kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama untuk mengisi jabatan masing-masing Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik , Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI