Peta Wilayah Rawan Banjir di Sukoharjo Berubah

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Pemetaaan wilayah rawan banjir di Kabupaten Sukoharjo mengalami perusahaan drastis. Kondisi tersebut dipengaruhi sejumlah faktor seperti maraknya pembangunan, cuaca ekstrim hingga air kiriman dari luar daerah. Masyarakat sendiri sejak sekarang diminta selalu waspada termasuk terhadap ancaman potensi banjir susulan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Suprapto, Kamis (01/12/2016) mengatakan, peta rawan banjir di Sukoharjo sebelumnya hanya di wilayah yang dilintasi aliran sungai dan kali saja, namun sekarang berubah sebab drainase atau saluran air juga bisa menjadi pemicu banjir.

Wilayah rawan banjir di Sukoharjo sebelumnya di Kecamatan Grogol dan Mojolaban karena dilintasi Sungai Bengawan Solo. Kecamatan Polokarto dan Kecamatan Bendosari ada Kali Samin, Kecamatan Sukoharjo Kota Kali Langsur, Kecamatan Weru Kali Siluwur, Kecamatan Gatak Kali Bedodo.

“Kecamatan Kartasura yang sebelumnya tidak masuk peta wilayah rawan banjir sekarang sudah masuk. Banjir disana disebabkan karena air kiriman dari Klaten dan Boyolali,” ujar Suprapto.

Selain Kartasura masih ada Kecamatan Baki yang sebelumnya tidak masuk wilayah rawan banjir. Namun sekarang masuk karena banjir mulai terjadi juga diakibatkan karena luapan air dari drainase.

Terkait dengan perubahan peta kerawanan tersebut maka BPBD Sukoharjo semakin mengintensifkan koordinasi dengan pihak desa dan kecamatan. Hal itu dilakukan apabila ada kejadian banjir maka bisa langsung ditindaklanjuti penanganannya dengan menerjunkan petugas gabungan.

“Satu kecamatan lagi yakni di Bulu disana juga terus kami pantau karena dalam catatan BPBD Sukoharjo juga pernah terjadi banjir besar,” lanjutnya.

Suprapto menekankan dari 12 kecamatan di Kabupaten Sukoharjo sekarang semua dianggap sama rawan. Cuma perlakuannya sedikit dibedakan dibeberapa kecamatan karena dilintasi sungai dan kali besar. Khusus wilayah tersebut nantinya masuk skala prioritas pengawasan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI