Petani Ingin Pengerukan Sedimentasi Dam Colo Dioptimalkan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Petani sangat berharap pengerukan sedimentasi di Dam Colo, Nguter dapat memberikan dampak positif menambah tampungan air lebih banyak. Sebab kondisi sekarang tumpukan pasir membuat debit air berkurang.

Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur, Jigong Sarjanto, Jumat (13/12) mengatakan, pengerukan sedimentasi di Dam Colo, Nguter sudah dilakukan oleh pihak pengelola Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) sejak beberapa pekan lalu. Selama pengerukan pengurus P3A Dam Colo Timur ikut melakukan pengawasan. Hal itu penting untuk melihat perkembangan sejauh mana proses pengangkatan pasir dari dasar.

Pengerukan juga dilihat sebagai bagian dari usaha BBWSBS menambah daya tampungan air di Dam Colo, Nguter. Sebab selama ini tumpukan pasir membuat debit air berkurang. Dam yang seharusnya bisa menjadi tempat tampungan air justru terisi pasir.

“P3A Dam Colo Timur sangat berharap pengerukan sedimentasi oleh BBWSBS ini memberi dampak positif bagi petani. Sebab tampungan air menjadi lebih banyak terlebih lagi sekarang sudah hujan. Air itu akan digunakan petani mengairi sawah saat kemarau tahun depan,” ujarnya.

Harapan tersebut tidak lepas dengan kejadian yang terjadi selama musim kemarau panjang tahun ini. Sebab petani sangat kekurangan air dan berdampak pada sempat terancamnya tanaman padi. Imbas lainnya banyak sawah kekurangan air sehingga petani gagal tanam.

“Dampak besar dan tidak bisa dilupakan petani untuk kali pertama dalam sejarah penutupan pintu air Dam Colo, Nguter maju dan dibukanya kembali justru mundur karena Dam Colo, Nguter tidak ada air. Kondisi ini membuat petani kelabakan,” lanjutnya.

Pengurus P3A Dam Colo Timur sangat berharap kejadian serupa tidak terulang pada musim kemarau tahun depan. Sebab keresahan petani kekurangan air juga berdampak pada masyarakat pada umumnya. Termasuk juga pemerintah dimana petani mendapat beban target program swasembada pangan dengan ketersediaan beras. (Mam)

BERITA REKOMENDASI