Petani Siap Hadapi Penutupan Pintu Air Dam Colo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Petani siap menghadapi kemungkinan pintu air Dam Colo, Nguter ditutup 1 Oktober mendatang tanpa gangguan karena kebutuhan air sejak tanam hingga panen musim tanam II (MT II) padi terpenuhi. Jadwal penutupan pintu air pada tahun 2020 ini kembali normal setelah tahun 2019 lalu maju pada September.

Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur, Jigong Sarjanto, Minggu (2/8) mengatakan, pada tahun 2020 ini jadwal penutupan pintu air Dam Colo, Nguter kemungkinan kembali normal mulai 1 Oktober seperti sebelumnya. Pada tahun 2019 lalu penutupan pintu air Dam Colo, Nguter terpaksa maju 15 September karena kondisi stok air turun drastis. Kejadian tersebut menjadi sejarah karena baru pertama kali terjadi.

Di tahun 2020 sekarang kemungkinan penutupan pintu air Dam Colo, Nguter kembali normal karena banyak faktor. Salah satunya debit air masih tinggi dan berdampak pada melimpahnya stok untuk mengairi sawah petani. Faktor lainnya karena sudah dilakukan berbagai langkah perbaikan Dam Colo, Nguter berupa pengerukan sedimentasi sehingga daya tampung air semakin meningkat.

“Faktor terakhir karena cuaca dimana hingga Juli masih turun hujan dan berpengaruh pada pertanian. Hujan membuat debit air Dam Colo, Nguter tinggi, juga stok air di sawah melimpah,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI