Petani Sumringah, Fasilitas Dam Colo Diperbaiki

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Petani di Sukoharjo lega setelah Balai Besar Wilayah Bengawan Solo selaku pengelola Dam Colo Nguter melakukan sejumlah perbaikan agar pemanfaatan air lebih terjamin. Perbaikan meliputi talud, pengaman tanggul, pintu air dan saringan sampah. semua pengerjaan perbaikan diharapkan bisa diselesaikan pada Desember mendatang.

Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur Jigong Sarjanto, Minggu (7/10) mengatakan, proyek yang dikerjakan BBWSBS selaku pengelola Dam Colo Nguter pada tahun ini lebih besar dibandingkan tahun 2017 kemarin. Para petani sudah mendapatkan pemberitahuan dan sosialisasi berkaitan dengan pengerjaan tersebut.

Perbaikan terhadap sejumlah fasilitas Dam Colo Nguter membuat petani di Sukoharjo lega. Sebab saat ini banyak ditemukan kerusakan sehingga merugikan petani. Salah satunya seperti kerusakan pintu air yang menyebabkan banyak air terbuang percuma. Padahal air tersebut seharusnya bisa dipakai petani mengairi sawah.

Pada pengerjaan perbaikan tahun ini total ada sekitar 200 titik pintu air disepanjang aliran saluran irigasi Dam Colo Nguter mendapatkan perbaikan. Jumlah tersebut sangat banyak dan diharapkan bisa segera selesai diperbaikan secepatnya.

Pintu air banyak ditemukan kerusakan salah satunya karena faktor usia sudah tua. Selain itu juga disebabkan karena fungsi sebagai penahan dan tidak kuat menahan derasnya arus air. Khusus untuk perbaikan pintu air paling banyak dilakukan pada titik 1 – 9 di Dam Colo Nguter. Posisi kerusakan paling banyak berada dibagian hulu saluran. (Mam)

BERITA REKOMENDASI