Pilkada Klaten 2020, Panwascam Harus Jaga Independensi

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Klaten mengimbau kepada para panitia pengawas kecamatan (panwascam) yang tersebar di 26 kecamatan untuk menjaga independensi di Pilkada 2020. Masyarakat juga diajak ikut berperan aktif dalam pengawasan setiap tahapan, termasuk mengawasi kinerja penyelenggara pemilu.

"Beberapa kegiatan kami sampaikan ke masyarakat, apabila nanti panwascam kami ternyata tidak memiliki independen atau berat sebelah atau membela salah satu paslon misalnya, tolong dilaporkan ke kami. Intinya kinerja kami, masyarakat bisa ikut mengawasi," tegas Ketua Bawaslu Kabupaten Klaten, Arif Fatkhurrokhman, disela acara pelantikan 78 panwascam di Tjokro Hotel Klaten, Senin (23/12/2019).

Selain menjaga independensi, lanjut Arif, panwascam juga harus mampu menjaga integritas dan loyalitas. Sebab bagi Bawaslu, integritas dan loyalitas adalah harga mati. Guna menunjang kemampuan panwascam dalam melakukan pengawasan nantinya dibekali dengan Bimbingan Teknis (Bintek).

"Integritas dan loyalitas tidak dapat diupgrade, tidak bisa dilakukan perbaikan, tidak bisa dilakukan edukasi, seperti regulasi dan lain sebagainya. Harganya mati untuk integritas dan loyalitas terhadap lembaga," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para panwascam yang telah dilantik. "Semoga (panwascam) diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan tugasnya," ujarnya. (Lia)

BERITA REKOMENDASI