Pilkada Klaten 2020, Partai Golkar Jalin Koalisi dengan Partai Demokrat

KLATEN, KRJOGJA.com – Menghadapi Pilkada Klaten 2020, Partai Golkar menjalin komunikasi dengan partai politik (parpol) untuk membangun koalisi. Salah satu partai yang telah bersepakat berkoalisi dengan Partai Golkar yakni Partai Demokrat.

Koalisi Partai Golkar dengan Partai Demokrat ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama di Merapi Resto, Kamis (27/2/2020) malam. Acara ini dihadiri para pengurus parpol. Bahkan sejumlah parpol seperti Hanura, Perindo, PSI juga hadir.

Ketua DPD II Partai Golkar Klaten, Yoga Hardaya, mengatakan, Partai Golkar saat ini memiliki tujuh kursi. Sehingga belum bisa ikut berpartisipasi dalam Pilkada. Untuk itu Partai Golkar harus membangun koalisi dengan parpol lain yang memiliki kursi agar mencukupi syarat 10 kursi.

“Setelah berkonsultasi dengan pusat, kami disarankan untuk komunikasi dengan partai lain yang punya kursi. Kemudian kami mendapat surat dari Partai Demokrat yang isinya ajakan berkoalisi. Langsung kami tindak lanjuti. Dari koalisi ini sudah terpenuhi 10 kursi sebagaimana yang disyaratkan undang-undang,” jelas Yoga.

Yoga mengatakan, dalam koalisi ini belum disebutkan nama pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati. Kedua partai koalisi masih akan bermusyawarah membentuk tim Pilkada. Tahap selanjutnya menentukan nama kandidat yang akan diusung.

“Diharapkan koalisi ini akan bermanfaat bagi masyarakat Klaten. Kami juga masih membuka pintu bagi parpol lain baik yang punya kursi atau tidak untuk bergabung dalam koalisi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Klaten, One Krisnata, menambahkan, Partai Demokrat dengan Partai Golkar dipastikan akan bersama-sama (berkoalisi) maju dalam pesta demokrasi. Pihaknya mengajak seluruh kader dan simpatisan untuk fokus memenangkan Pilkada Klaten 2020. (Lia/Sit)

BERITA REKOMENDASI